Blog

Bicara Tentang Uang

by Alam bara15 on Sep 13, 2021

Bicara Tentang Uang
Tahukah teman-teman kebiasaan kita saat mengeluarkan dan menghasilkan uang, 88% berasal dari pikiran bawah sadar? Artinya, bagaimana cara kita melihat uang, mengeluarkan uang, menghasilkan uang, menerima uang dan segala rasa dan narasi tentang uang, sebagian besar berasal dari pikiran bawah sadar hasil seluruh edukasi dan interaksi di masa lalumu.
 
Bagaimana kamu menerima dan mengeluarkan uang juga terbentuk oleh bagaimana kehidupan finansial orangtuamu dulu, oleh pengalamanmu dengan uang di masa kecil dan masa lalu, oleh bagaimana cara kamu melihat dunia dan bagaimana caramu melihat dirimu sendiri.
 
Apakah kamu merasa cukup? Apakah kamu merasa pantas? Bagaimana hubunganmu dengan uang? Bagaimana kamu mendefinisikan kesejahteraan? Bagaimana caramu melihat dirimu sendiri? Apakah uang diperlakukan sebagai jalur cepat menambal luka dan emosi atau setiap pengeluaran memang didasari oleh kesadaran yang murni? Apakah uang bagimu terasa seperti teman sejati atau malah mengintimidasi? Apa yang selama ini tanpa sadar tertanam dalam bawah sadarmu dan menavigasi kehidupan finansialmu setiap hari?

 

Uang bagi saya ga ada bedanya dengan palu, obeng, sendok dan garpu. Seperti benda-benda lainnya, bagi saya uang hanyalah alat (dan teman baik), yang memfasilitasi saya untuk hidup di dunia dengan segala alurnya. Uang, selain membeli jasa dan benda, juga memfasilitasi kita untuk menjawab panggilan jiwa, mencipta karya, menebar cinta, memberi, menerima dan merawat segala kehidupan yang berdampingan dengan kita 

But to play the game, first, you gotta understand the rules. Segala persoalan di semesta, diatur oleh hukum alam Tuhan yang selalu adil dan sempurna. Begitupun tentang uang. Hukum pertukaran selalu bekerja dan gak akan melewatkan satupun makhluk ciptaanNya. Dan rumusnya sederhana: untuk dibayar, kamu harus punya sesuatu untuk ditukar. Mereka yang hatinya tenang dan baik hubungannya dengan uang, adalah mereka yang paling punya banyak benda atau jasa untuk ditukar, dibayar, lalu dengan riang berpartisipasi dalam pasar raya kehidupan setiap hari.
 
Untuk bisa dibayar, membayar dan bertukar dengan SADAR, mulailah dari yang paling dasar: defisinikan apa artinya sejahtera untuk dirimu sendiri tanpa melihat kanan dan kiri. Dengan pengetahuan tentang hukum pertukaran, cukuplah kita tutup dengan catatan:
 
1. Untuk dibayar, kamu harus punya sesuatu untuk ditukar
2. Karenanya, semua yang dipinjam harus dikembalikan bahkan jika hanya sebatang pulpen dan sebutir garam
3. Maka, untuk memperbaiki hubungan kita dengan uang dan menjaga pikiran tetap tenang adalah dengan menghindari hutang dan mencipta banyak hal dengan riang!
 
Apa yang kamu cipta dengan riang setiap hari? Kebutuhan siapa saja yang kamu penuhi dan bagaimana hukum pertukaran berjalan untukmu hari ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published.